"orang kreatif selalu ingin mengetahui segala hal. karena dia tahu bahwa semua hal itu dapat menimbulkan ide baru, tetapi ia tidak tahu kapan akan muncul. namun, dia percaya hal itu akan terjadi."

Bisnis Ternak Ikan Lele


Saya Mengambil Tema Bisnis Ternak Ikan dikarenakan, keluarga saya sedang melakukan Usaha tersebut, tempat Peternakannya berada Di Daerah Bogor, tepatnya di kampung Ciseeng, kelurahan Cogrek, Kecamatan Parung. Keluarga saya memilih daerah tersebut karena bentuk daerah dan lahannya sangat bagus, jadi dapat dibikin empang yang sangat luas.

Keluarga saya memilih ternak ikan lele dikarenakan Peluang Bisnisnya merupakan Peluang Bisnis dengan tingkat perputaran uang yang cepat. Dalam waktu kurang lebih 20 hari, ikan lele sudah bisa panen. Bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar, kira-kira sekitar 20% per masa panen. Tetapi tergantung juga dari factor-faktor yang dapat menghambat usaha ini, seperti kondisi ikan atau pun jenis lahan atau empang. Selain itu resiko yang ditimbulkan dari usaha ini juga tidak main-main. Dari data yang dimiliki oleh keluarga saya dari awal penanaman bibit sebanyak 8000 ekor yang dapat di panen hanya 7120 ekor, hampir 11%. Oleh karena itu bisnis iakn lele butuh perawatan yang sangat ekstra dari ikan-ikan lainnya. Ikan lele juga mudah sekali berpindah tempat melalui lubang-lubang kecil yang berada di sisi empang, oleh karena itu keadaan empang harus kita jaga dengan benar dan harus di cek setiap saat. Dan yang terpenting dari berternak ikan lele adalah modal atau dana yang cukup besar yang di gunakan untuk membeli pangan ikan lele tersebut.

Dari data yang saya lihat dari beberapa peternak ikan, saya membandingkan bisnis ternak lele dengan bisnis ternak ikan gurame, ternyata peluang bisnis ternak ikan gurame sangat aman, walaupun masa panennya cukup lama, namun perawatan ikan gurame jauh lebih mudah, ikan gurame tidak harus di beri makan, ikan gurame bias memakan dedaunan yang jatuh ke permukaan empang, dan karna bentuk tubuhnya yang tinggi dan sedikit lebar, ikan gurame sulit untuk berpindah melalui sisi empang yang berlubang.

Namun, apapun jenis ikan yang kita ternakan Peluang Bisnis Ternak Ikan tetap merupakan pilihan yang bagus untuk memulai usaha. Terutama bagi pencinta ikan. Menernak ikan akan mempunyai seni tersendiri, disamping keuntungan yang didapat juga menggiurkan. Asalkan kita mengerjakannya secara happy semuanya akan berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

2 responses

  1. Bongkar rahasia ternak ikan lele yang benar dari NOL.
    http://www.cdbudidayalele.co.cc

    14 November, 2010 at 1:56 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s