"orang kreatif selalu ingin mengetahui segala hal. karena dia tahu bahwa semua hal itu dapat menimbulkan ide baru, tetapi ia tidak tahu kapan akan muncul. namun, dia percaya hal itu akan terjadi."

Sejarah Timnas Indonesia


timnas 60 an ?

kalo ini tahun 80 an

timnas 1938?

Indonesia ternyata pernah mempunyai timnas yang tangguh pada masa awal berdiri, tepatnya setelah PSSI berdiri pada tahun 1950. Hari bersejarah itu terjadi pada tanggal 2 September 1950. Pada hari itu diadakannya kongres PSSI di semarang. Kongres tersebut yang melatar belakangi lahirnya timnas Indonesia. Lahirnya timnas ini mengobati rindunya para anak bangsa untuk mempunyai sebuah tim nasional setelah Indonesia Merdeka. Sejak mengikuti piala dunia 1938 – walaupun statusnya masih Tim Hindia Belanda – Indonesia belum lagi memiliki timnas.

Setahun setelahnya, akhirnya timnas perdana Indonesia dibentuk untuk mengikuti Asian Games yang pertama di New Delhi, India. Timnas berangkat ke India bisa dibilang hanya bermodal semangat saja karena nyaris tidak ada bekal finansial karena Indonesia pada saat itu baru 1,5 tahun terlepas dari revolusi fisik. Dengan bekal yang minim tersebut, Indonesia langsung kalah telak dari India 0-3 di laga pertama. Namun, timnas tidak perlu merasa malu akibat kalah pada pertandingan pertama. Penampilan timnas saat itu mengundang decak kagum para penonton karena timnas sangat merepotkan lawan.

Setelah itu, PSSI memutuskan lawatan ke Singapura sebagai tujuan timnas berikutnya. Timnas berangkat dengan kondisi yang memprihatinkan, para punggawa timnas hanya membawa dua pasang seragam dan setibanya di Singapura, timnas diinapkan di Gedung Pertemuan Masyarakat Indonesia di Singapura. Mereka tidur di lantai dengan hanya beralaskan tikar dan harus kedinginan di malam hari karena angin.

Para pemain tidak mengeluh dengan kondisi tersebut, semangat mereka terus menggelora. Dan dengan semangat tersebut, timnas mencatatkan hasil diluar perkiraan orang-orang. Di pertandingan pertama melawan SAFA – yang merupakan juara Singapura, walaupun disepelekan dan diremehkan semangat timnas tidak berkurang. Para pendukung SAFA yang sebelumnya meremehkan timnas hanya bisa terdiam saat melihat pada papan skor yang menunjukkan skor akhir 7-0 untuk Indonesia.
Hasil tersebut membuat singapura gempar. Media-media Singapura memakai pertandingan tersebut sebagai berita utama dan menyebut telah lahir raksasa baru di kancah sepakbola Asia.

Di pertandingan selanjutnya, giliran Singapore A yang dilindas timnas dengan skor 4-0. Timnas sempat tertahan seri oleh Combined Service 0-0, tapi di pertandingan selanjutnya timnas kembali menang besar 4-1 ketika menghadapi Cobined Singapore. Sayang, di partai terakhir Indonesia kembali tertahan imbang oleh Combined Chinese. Walaupun begitu Indonesia membawa banyak pujian dari media setempat. Seperti Singapur Free Press yang menulis, “the biggest crowd for a football match this session!”.

Sejarah timnas tersebut harus dapat dijadikan pelajaran untuk timnas sekarang. Dengan kondisi yang jauh jika dibandingkan dengan kondisi timnas saat ini, mereka dapat mengharumkan nama Indonesia di mancanegara. Hanya dengan semangat dan keinginan untuk mengharumkan nama bangsa, mereka bisa melakukannya. Semoga semangat mereka bisa menjadi contoh bagi timnas Indonesia saat ini.

sumber:

http://novanmediaresearch.wordpress.com/2009/12/13/indonesia-di-pra-piala-dunia-1986/

http://www.kapucino.org/2007/07/18/ngegosip-sepak-bola-indonesia-setelah-kalah/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s