"orang kreatif selalu ingin mengetahui segala hal. karena dia tahu bahwa semua hal itu dapat menimbulkan ide baru, tetapi ia tidak tahu kapan akan muncul. namun, dia percaya hal itu akan terjadi."

FT Island


FTIsland (Five Treasure Island) adalah boyband dari Korea Selatan yang beranggotakan lima cowok tampan, yaitu Choi Jong Hun, Lee Hong Ki, Lee Jae Jin, Choi Min Hwan, dan Song Seung Hyun. Band ini berada di bawah naungan manajemen F&C Music. Yang berbeda dari FTIsland adalah mereka tidak menari seperti kebanyakan boyband lain di Korea, mereka memilih konsep group band, dimana masing-masing member memainkan instrumen musik sesuai keahliannya.

Band ini memulai debut di dunia Kpop pada Juni 2007 di usia yang sangat muda, antara 16-18 tahun (umur Korea). Dengan formasi awal: Choi Jonghun (gitaris dan keyboardis), Lee Hongki (lead vocal), Oh Wonbin (gitaris dan rapper), Lee Jaejin (bassist), dan Choi Minhwan (drummer). Bermodalkan satu album bertajuk Cheerful Sensibility yang berisi 13 lagu, kelima cowok ini mampu menarik perhatian banyak kalangan dengan kemampuan mereka. Lagu andalan mereka, Love Sick, membawa mereka meraih berbagai penghargaan untuk kategori Pendatang Baru Terbaik.

Kehadiran FTIsland di dunia musik Korea memang perlu diperhitungkan. Hanya dalam waktu 6 bulan setelah debut, dan hanya bermodalkan satu album, grup ini sudah mampu menyelenggarakan sebuah live concert. Prestasi ini tidaklah diraih dengan mudah. Mulai dari usaha mereka meyakinkan pihak manajemen, berlatih ekstra keras, sampai melakukan promosi untuk mengumpulkan fans. Beruntungnya, usaha akhirnya tidak sia-sia. FTIsland 1st Live Concert: First Island berhasil terselenggara dengan sukses.

FTIsland kemudian merilis beberapa album selanjutnya: Colorful Sensibility Part.1 dan Colorful Sensibility Part.2, termasuk sebuah album repackage: The Refreshment.

Pada Januari 2009, gitaris yang juga sub-vokalis mereka, Oh Wonbin, memutuskan untuk meninggalkan band karena perbedaan aliran bermusik yang ia rasakan. Posisinya kemudian digantikan oleh Song Seunghyun.

Bersama Seunghyun, FTIsland melanjutkan kesuksesan dan menunjukan kemampuan mereka yang semakin meningkat. Mini album pertama Jump Up dan album ketiga mereka Cross & Change dapat membuat kita merasakan kematangan mereka dalam bermusik.

Kepopuleran yang mereka peroleh, membuat Lee Hongki berkesempatan untuk berakting di serial You’re Beautiful yang cukup sukses di beberapa negara. Karena kesibukan Hongki di luar FTIsland, maka terbentuklah FT Triple. FT Triple adalah sub-grup yang dibentuk oleh Choi Jonghun, Lee Jaejin, dan Choi Minhwan untuk mengisi kekosongan selama Hongki menyelesaikan syuting drama dan Seunghyun sibuk dengan variety show-nya. Di FT Triple, Jaejin menggantikan peran Hongki sebagai vokalis, dan mampu menunjukkan kualitas vokalnya dalam lagu Love Letter. 3 lagu FT Triple terdapat dalam repakcage album: Double Date.

Diiringi dengan kesibukan mereka berkarir di Jepang, FTIsland merilis mini album keduanya Beautiful Journey, dengan Love Love Love sebagai lagu andalan yang membuat mereka dapat memberikan comeback perfomance yang sempurna. Lagu yang membuat semua orang dapat merasakan perkembangan kualitas dari kelimanya, dan membuat mereka kembali dihujani oleh berbagai penghargaan untuk membuktikan eksistensi mereka sebagai band papan atas Korea.

Mini album selanjutnya, Return, pun berhasil menjadi salah satu album dengan penjualan tertinggi. Sayangnya masa promosi untuk lagu Hello Hello yang terdapat di Return harus segera diakhiri, sebelum mereka berhasil meraih penghargaan, karena kesibukan mereka di Jepang.

FTIsland dapat terhitung sebagai band yang produktif. Dilihat dari banyaknya album yang mereka rilis, termasuk mini album dan repackage album. Dan mereka pun rutin menyelenggarakan konser tunggal di beberapa kota di Korea setiap tahunnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s